Kamis, 28 Februari 2013

Contoh Pidato Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW


Contoh Pidato Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW ini bisa Anda gunakan sebagai pidato Anda nanti dimana kita sudah berikan contoh-contohnya yang mudah-mudahan bisa membantu. Kita ulas, pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato juga biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Berbicara soal pidato sebenarnya sangat banyak materi-materi yang bisa Anda sampaikan, misal dalam acara di sekolah adalah tentang kebersihan lingkungan sekolah, ataupun bagi Anda mungkin menjadi orang yang terpercaya di satu kampung Anda bisa bawakan tentang materi singkat misalkan gotong royong. Atau juga bagi Anda yang ingin berdakwah tentang baginda Nabi kita yaitu Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, silahkan bisa Anda jadikan referensi yang sudah kita berikan dibawah ini tentang Maulid Nabi.

Maulid Nabi yaitu peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang perayaannya diadakan setiap tanggal 12 Rabi'ul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad ini berasal dari bahasa Arab yang artinya hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat.

Berikut ada beberapa contoh yang bisa Anda jadikan referensi untuk berdakwah atau pidato di suatu tempat yang akan Anda hadiri...

Assalamu'alaikuw Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil'alamin,wabihi nasta'inu 'ala umuriddunya waddin wa'ala alihi waashabihi ajma'in, amma ba'du.

Saudara-saudara sekalian yang dimuliakan Allah.

Di dalam malam yang penuh dengan kebahagiaan ini marilah kita terlebih dahulu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah swt, atas karunia nikmat dan hidayah-Nya hingga detik ini kita masih dipertemukan kembali dalam acara ini dan tiada halangan suatu apapun. Semoga kita menjadi hamba Allah yang benar-benarberiman dan bertaqwa kepada-Nya amin.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, dimana beliulah yang telah membimbin umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti sekarang ini, yakni dengan membawa misinya agama Islam. Dan mudah-mudahan kita sebagi umatnya yang benar-benar setia terhadap ajaran yang telah dibawanya.

Saudara sekalian yang dimuliakan Allah.Di dalam sejarah agama Islam telah dijelaskan mengenai kelahiran Nabi Muhammad saw, yaitu tepatnya pada tanggal 12 Rabi'ul awwal, tahun gajah. Atau bersamaan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. mengapa hari kelahiran Nabi dinamakan dengan tahun gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah diserang oleh tentara Nashrani yang dipimpin oleh Raja abraham dengan mengendarai gajah. Akan tetapi maksud mereka itu belum berhasil, mereka telah dibinasahkan oleh Allah swt, dengan perantara burung ababil yang berupaya melempari batu yang berasal dari neraka.

Saudara sekalian yang dimulyakan Allah.

Dan didalam peringatan tahun ini, marilah kita benar-benar mencari akan hikmah yang terkandung di dalamnya, yakni pada diri Nabi saw. Adalah merupakan uswatun khasanah bagi seluruh umat manusia di penjuru dunia, khusunya kita sekalian yang hadir ditempat ini. kita telah mengetahui akan kepribadian beliau, baik tutur katanya, perbuatannya semua mulia. oleh karenanya maka, marilah kita berupaya mencontoh dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan keluhuran dan kemuliaan akhlak beliau saw. Dengan mengamalkan hak tersebut, maka kita sekalian akan meraih kebahagiaa, baik kini di dunia ataupun di akhirat.

Saudaraku sekalian yang dimuliakan Allah

Di dalam Al-qur'an tepatnya pada surat Al Ahzab, ayat 21 Allah swt berfirman, yang artinya: "Sesungguhnya Rasululloh saw, menjadi suri tauladan yang baik bagi kamu, dan untuk orang-orang yang mengharapkan menjumpai Allah dan hari kiamat, dan yang ingat akan Allah sebanyak-banyaknya".

Akhirnya demikianlah pidato sambutan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabilahitaufik wal hidayah, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Itulah sedikit contoh mengenai pidato maulid nabi yang bisa Anda jadikan referensi, semoga dengan adanya artikel diatas kita semuanya bisa memperingati hari Nabi Muhammad. Wassalam.